Rabu, 16 September 2015

Kuliner Khas Labuhan Batu sumut Gulai Asam Ikan Baung dan Anyang Ayam




Gulai asam ikan baung dan anyang ayam merupakan menu kuliner andalan Labuhanbatu Utara. Kedua jenis makanan itu dapat ditemukan di beberapa rumah makan yang ada di Kelurahan Gunting Saga, Kecamatan Kualuh Selatan, Kabupaten Labura, tepatnya di pinggir Sungai Kualuh. Saat Ramadhan sekarang ini, Jumat (19/6), kedua jenis makanan tersebut diburu penggemarnya.

Untuk satu porsi  gulai asam ikan baung Rp 30 ribu sudah termasuk nasi, sayur, sambal dan hidangan lainnya. Sedangkan anyang ayam satu porsi Rp 15 ribu, sudah termasuk menu tambahan lainnya.

"Menu tambahan ini sebagai servis buat pelanggan, saya  berdagang tidak semata-mata mencari untuk besar, biar untung sedikit tapi lakunya banyak dan saudara bertambah banyak,” ujar Gunawan, pemilik Rumah Makan Gunawan di Gunting Saga.

Suasana rumah makan ini sangat unik,karena berada tepat di sisi Sungai Kualuh, dengan beratapkan nipah, bertiangkan kayu. Sambil menyantap hidangan, pengunjung juga akan merasakan indahnya pemandangan Sungai Kualuh serta tiupan angin sepoi-sepoi sehingga nenambah selera makan.

Menurut Gunawan, hampir setiap pejabat yang berkunjung ke Labura mampir di rumah makannya, baik dari dalam kota maupun luar kota seperti Gubernur Gatot Pujo Nugroho, Bupati Asahan Topan Gamma Simatupang, Wakil Bupati Labuhan Batu Suheri Pane, Bupati Labura, Sekdakap Labura dan SKPD Labura, para karyawan dan Manajer PTPN III  dan masih banyak lainnya.

"Rumah makan ini  peninggalan orangtua saya alm M Ali dan didirikan tahun 1980-an, kemudian di tahun 2004 saya perbesar bersama istri,” terangnya.
Kepala Biro SIB Aslab Horas Simanjuntak, para Sub Biro serta para wartawan dan kontributor se-Biro Aslab menyempatkan diri mampir di rumah makan ini usai melaksanakan Raker, Sabtu (13/6).

Horas Simanjuntak mengatakan, gulai asam Baung ini sangat luar biasa, rasanya enak, segar dan lezat, harganya juga sangat terjangkau.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review